Mempercepat Browsing Dengan Squid

Squid layaknya sebuah pembantu untuk proses  mempercepat kegiatan browsing kita, dimana squid bisa menyimpan semua obyek-obyek dari sebuah atau beberapa website ke dalam media lokal dan akan di berikan ketika ada request/permintaan setelah sebelumnya squid melakukan proses kalkulasi. Dalam pengadopsian squid untuk kehidupan nyata sebenarnya relatif, maksudnya disini relatif adalah squid tergantung dari beberapa faktor. antara lain: berapa kecepatan prosesor yang di gunakan sebagai server squid, berapa banyak client yang dilayani oleh squid, berapa cepat squid bisa mencapai client, dan masih banyak lagi faktor-faktor teknis dan non-teknis yang bisa mempengaruhi performance squid.
Namun umumnya squid akan selalu bisa berhasil mempercepat browsing dibanding dengan melakukan browsing dengan menggunakan direct connection. Konfigurasi squid sendiri dapat dibilang mudah-mudah susah, mengingat ini adalah aplikasi opensource kebanyakan tanpa support dan dukungan yang penuh seperti layaknya sebuah software berbayar. Dalam sample dibawah ini saya menggunakan operating system microsoft windows untuk konfigurasinya harap di sesuaikan dengan jaringan masing-masing.
Persiapan:
  1. Download Squid.
  2. buka file ini dan simpan dengan nama “Squid.conf“.
  3. Rubah konfigurasi squid.conf sesuai kebutuhan dan ketersediaan (disk drive)
Setelah semua siap extract squid dan letakkan di drive c: (contoh c:\squid) buka command prompt lalu menuju ke folder c:\squid\sbin ketikkan “squid -z” silahkan di tunggu sebentar squid sedang membangun cache, setelah selesai ketikkan “squid -d 1 D” tunggu sebentar, Setelah itu ketik “squid -i” tunggu hingga selesai.
Setelah semua langkah selesai sekarang waktunya menghidupkan squid klik run lalu ketikkan “services.msc” cari service yang bernama “Squid” setelah itu klik “start this service” setelah itu squid sudah siap untuk di gunakan.
Untuk menggunakan squid sebagai transparent proxy silahkan ganti manual di browser masing-masing contohnya:
Internet Explorer
Tools -> Internet Options -> Connections -> LAN Settings -> centang proxy server, isi address dengan ip tempat kamu menginstall squid, isikan port dengan port yang kamu gunakan untuk squid. Contoh:
Mozilla Firefox
Tolls -> Options -> Advanced -> Network -> Setting -> Manual Proxy Configuration -> isi HTTP Proxy dengan ip tempat kamu menginstall squid, isikan port dengan port yang kamu gunakan untuk squid. Contoh:
Untuk web browser lainnya seperti google chrome, opera, atau lainnya silahkan dicari sendiri umumnya semua punya option proxy. Setelah semua siap silahkan kalian coba sendiri perbedaannya. Pada percobaan saya mencoba mengakses farmville, dengan menggunakan direct connection membutuhkan waktu loading sekitar 4-7 menit. dengan menggunakan squid saya membutuhkan waktu hanya sekitar 1-2 menit. Untuk membuktikannya  bahwa squid benar-benar berfungsi silahkan setelah mencoba membuka sebuah website lalu kalian hapus semua cache internet lalu mencoba membuka lagi untuk mencoba performance squid.
Untuk mengecek apakah cache squid berjalan dengan baik cukup melihat size total dari folder cache kalau terus bertambah setelah sering browsing berarti cache squid sudah berfungsi dengan baik.


CATATAN: Ini bukan teknik mempercepat koneksi internet seperti yang banyak dikacaukan oleh para orang-orang gila, ini hanya teknik mempercepat proses browsing dengan memanfaatkan squid, untuk proses download tidak akan terpengaruh dengan menggunakan squid.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi, software, dan tutorial

Artikel Mempercepat Browsing Dengan Squid ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 22 Juni 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mempercepat Browsing Dengan Squid
 

0 komentar:

Posting Komentar

U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
homezwork.com

Instructions

Wheldthacker. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Music