Cara Mengganti Nama File Dan Folder Dengan Visual Basic 6.0


      Bagi anda yang sering menggunakan bahasa pemrograman khususnya bahasa pemrograma Visual Basic 6.00 Professional Edition, kali ini saya ingin share code untuk mengganti nama file dan folder. Dari beberapa sample virus yang saya dapatkan, cara mengganti nama file dan folder sepertinya terlalu panjang hingga menggunakan API, padahal Visual Basic sendiri dapat melakukan itu hanya dengan beberapa baris code seperti berikut.
Untuk merename file dapat menggunakan contoh code berikut :
  • Private Sub RenameFile_Click()
  • Name "C:\nalhacker.txt" As "C:\nalhacker changed.txt"
  • End Sub
Untuk merename folder dapat menggunakan contoh code berikut :
  • Private Sub RenameFolder_Click()
  • Name "C:\nalhacker" As "C:\nalhacker changed"
  • End Sub
Keterangan Contoh !
Pada Baris Fungsi Rename File
  • Nalhacker.txt = Merupakan contoh sebuah file text yang berada di direktori C:/ di komputer saya. Silahkan ganti dengan nama file lain yang anda gunakan.
Pada Baris Fungsi Rename Folder
  • Nalhacker = Merupakan contoh sebuah folder text yang berada di direktori C:/ di komputer saya. Silahkan ganti dengan nama folder lain yang anda gunakan.
Nah, cara diatas tentunya lebih singkat dan mudah bukan tanpa perlu menggunakan API. Bukan hanya itu, cara ini juga dapat menghemat ukuran aplikasi yang akan kita kompilasi baik ke P-Code ataupun Native Code. Untuk contoh, anda dapat mendownload sample code melalui link berikut ini. Semoga bermanfaat bagi anda.
Link Download Sample Code Rename File Or Folder

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi, software, dan tutorial

Artikel Cara Mengganti Nama File Dan Folder Dengan Visual Basic 6.0 ini dipublish oleh Unknown pada hari Senin, 20 Juni 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Mengganti Nama File Dan Folder Dengan Visual Basic 6.0
 

0 komentar:

Posting Komentar

U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
homezwork.com

Instructions

Wheldthacker. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Music